5 Cara Menabung Untuk Liburan ke Destinasi Favorit

0
63

Sebelumnya kami sudah pernah membas tentang 5 cara menabung untuk mempersiapkan pernikahan. Kali ini, kami akan membahas 5 cara menabung untuk liburan ke destinasi favorit.

Selain menikah, salah satu hal yang diinginkan oleh banyak orang adalah mengunjungi atau berlibur ke tempat favorit. Tempat favorit ini tentu saja setiap orang berbeda-beda, ada yang hanya dalam negeri saja, tetapi tidak sedikit pula yang menginginkan berlibur hingga luar negeri.

Bagi sebagian orang, berlibur merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan. Liburan merupakan salah satu cara untuk recovery diri dari segala hiruk pikuk kesibukan dan rutinitas yang mungkin mulai menjenuhkan.

Ada juga beberapa orang yang beranggapan bahwa liburan itu tidak penting dan hanya membuang-buang uang saja. Sebenarnya ini tentu saja tergantung dari sudut pandang mana yang kita lihat. Tetapi jika kamu adalah orang yang senang untuk berlibur dan memiliki target mengunjungi destinasi favorit, kami sajikan tip cara menabung untuk liburan ke destinasi favorit kamu!

1. Tentukan tujuan terlebih dahulu

Dari semua hal, yang paling awal adalah menentukan tujuan terlebih dahulu. Kemana destinasi favorit yang ingin kamu kunjungi? apakah itu masih di Indonesia atau di luar negeri?

Tentukan destinasi liburan terlebih dahulu, cari informasi tentang tujuan tersebut mulai dari informasi dasar, budaya disana, musim disana dan informasi penting lainnya. Dengan menentukan tujuan yang jelas, kamu bisa mulai untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

2. Menentukan anggaran liburan

Setelah mengetahui tempat yang ingin dikunjungi, langkah selanjutnya adalah kamu harus menentukan anggaran yang akan digunakan untuk berlibur ke tempat favorit tadi.

Sebaiknya, hitung secara rinci dan pastikan membuat anggaran liburan yang jelas sehingga ini akan menjadi patokan bagi kamu untuk strategi mengumpulkan tabungan mengunjungi lokasi yang kamu pilih.

Jika kamu mengunjungi tempat di Indonesia, kamu bisa mencari tahu mulai dari biaya perjalanan seperti pesawat, kereta api atau lainnya dan juga penginapan. Tentukan juga anggaran untuk transportasi selama disana dan juga biaya tambahan lainnya.

Jika tujuan kamu adalah di luar negeri, pastikan kamu juga menghitung biaya pertukaran mata uang, uang jaminan dan lainnya.

3. Buat tabungan khusus liburan

Setelah melakukan 2 tahap diatas, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuat rekening tabungan khusus untuk liburan. Saat ini, membuat rekening baru bukanlah hal yang sulit, sehingga ini bisa kamu lakukan untuk menyetor dana yang dikhususkan untuk liburan.

Dengan memisahkan uang khusus liburan dan pengeluaran lain, kamu bisa memaksimalkan dan memonitoring keuangan yang dikhususkan untuk pergi berlibur.

4. Melakukan pengehematan

Jika kamu ingin mengunjungi tempat favorit dengan biaya yang cukup tinggi, tetapi kamu hanya memiliki pemasukan yang terbatas, langkah tepat yang bisa kamu lakukan adalah melakukan penghematan.

Cobalah untuk mencatat pengeluaran harian mulai dari sekarang. Dari catatan pengeluaran harian tersebut, kamu bisa melihat dan melakukan monitoring kemana saja uang yang kamu miliki dialokasikan. Dari sana, kamu bisa mempelajari bagian mana yang memungkinkan untuk dihemat.

Dengan melakukan penghematan, kamu akan lebih cepat mengumpulkan uang untuk pergi ke destinasi favorit.

5. Cari promo dan hindari hari libur

Bukan rahasia jika pergi berlibur pada saat hari libur seperti Lebaran, Natal atau Tahun Baru adalah hari dimana tiket pesawat, hotel dan banyak hal lain mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Hal ini tentu saja wajar, karena jika permintaan tinggi, ini akan mendorong suatu harga menjadi lebih tinggi ketimbang biasanya.

Untuk mewujudkan liburan ke tempat wisata favorit, kamu bisa memanfaatkan mencari promo dari berbagi platform. Kamu juga bisa mencari tanggal sepi yang dimana ini tentu saja bukan pada hari libur nasional seperti Lebaran, Natal atau Akhir Tahun.

Dengan memanfaatkan momentum yang tepat, kamu bisa mengunjungi destinasi favorit dengan dana yang mencukupi.

Demikian 5 cara menabung untuk liburan ke destinasi favorit, jadi dimana destinasi favorit mu?

Artikel ini juga kami tayangkan melalui Medium.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here