5 Cara Menabung Untuk Menikah

0
63
5 Cara Menabung Untuk Menikah

Menjalin hubungan dan berakhir di pelaminan menjadi tujuan akhir dari sebuah hubungan. Tidak sedikit pasangan yang merencanakan pernikahan sudah memilikirkan banyak hal — mulai dari konsep yang digunakan, lokasi yang akan digunakan, mengundang siapa saja dan lainnya. Yang menjadi masalah adalah ketika memikirkan cara bagaimana cara untuk mewujudkan itu semua.

Dari semua hal yang telah disebutkan diatas tadi, salah satu faktor penting untuk melangsungkan semua itu adalah uang. Ya benar, uang.

Suka atau tidak suka, semua komponen yang dibutuhkan memerlukan biaya, dan untuk biaya memang menjadi kendala yang sering dihadapi oleh mereka yang ingin melangsungkan pernikahan. Uang memang tidak segalanya, tetapi segalanya saat ini membutuhkan uang, bukan?

Perlu persiapan yang sangat matang untuk bisa melangsungkan pernikahan khususnya pernikahan impian yang banyak diharapkan oleh banyak pasangan muda. Oleh sebab itu, kamu dan pasangan harus berunding dan membahas cara menabung yang tepat untuk menikah.

Jika kamu mencari ulasan tersebut, kami sajikan ulasan 5 cara menabung untuk menikah yang bisa kamu dan pasangan coba.

1. Ajak pasangan untuk komitmen

Komitmen bukan hanya tentang kamu dan pasangan sama-sama niat ingin menikah. Komitmen disini tentu saja mencakup segalanya, termasuk juga dengan biaya-biaya untuk pernikahan nantinya.

Kalian harus melakukan beberapa perubahan dan mengecek kembali keuangan serta pengeluaran masing-masing. Mulailah untuk saling terbuka untuk masalah keuangan, dan pastikan beberapa hal yang kurang penting untuk sementara waktu dihilangkan. Jika kalian merupakan pasangan yang cukup sering nongkrong atau makan di luar, sebaiknya hindari untuk sementara waktu sehingga bisa menabung lebih banyak.

Tentu saja, selalu konsisten dan komitmen dengan hal ini.

2. Buat rekening untuk menikah

Apakah saat ini kamu dan pasangan sudah memiliki rekening bersama untuk rekening menikah? jika belum, maka sebaiknya kamu harus membuat rekening baru untuk menikah sehingga uang yang ada tidak bisa diganggu gugat.

Jika saat ini uang yang dimiliki masih bersifat rekening pribadi dan terpisah, ini akan menimbulkan efek psikologis untuk lebih boros karena lebih mudah untuk diambil. Dengan memiliki rekening bersama untuk tabungan menikah, ini akan membuat efek psikologi lebih sulit untuk mencairkan uang karena sudah ada pada rekening tabungan menikah.

Rekening bersama untuk menikah ini juga menjadi salah satu komitmen bagi pasangan untuk mempersiapkan keuangan untuk menikah.

3. Alokasi penghasilan

Satu hal yang juga tidak kalah penting adalah mulailah untuk mengalokasikan penghasilan untuk persiapan dana pernikahan. Jika kamu saat ini sudah melakukan alokasi penghasilan untuk tabungan menikah, maka kamu sudah berada di jalan yang tepat.

Perlu di-ingat, kamu juga harus mengecek apakah alokasi penghasilan yang sudah ada tersebut sudah tepat apa tidak. Coba lakukan audit bersama pasangan dan lihat berapa uang masuk dan uang keluar setiap bulannya, dari sana kamu bisa melihat berapa uang yang layak bisa kamu alokasikan.

Pastikan juga kamu tidak harus kekurangan uang khususnya untuk kebutuhan primer ya!

4. Kurangi belanja dan jajan di luar!

Dengan kemajuan zaman seperti saat ini, membeli barang atau makanan menjadi hal yang begitu mudah. Tinggal menggunakan smartphone, klik klik dan pesanan datang!

Kemudahan ini bisa menjadi bumerang jika kita tidak bijak dalam menggunakan teknologi. Ini juga berlaku untuk kamu yang senang jajan di luar dengan dalih banyak promo yang ditawarkan yang bisa menghabiskan lebih banyak uang.

Alih-alih belanja dan jajan di luar, cobalah lakukan alternatif yang bisa membuat kamu lebih hemat. Kamu bisa membawa bekal untuk ke tempat kerja misalnya, ini akan menghemat pengeluaran karena tidak perlu jajan di luar. Kamu juga harus mengurangi untuk melihat produk-produk yang tidak primer sehingga bisa menimbulkah ‘khilaf’ yang membuat kamu belanja berlebih apa lagi untuk sesuatu yang sebenarnya tidak kamu perlukan. Intinya kurangi belanja dan jajan di luar ya!

5. Catat pengeluaran dan penghasilan

Apakah kamu pernah merasakan uang yang baru kamu ambil di ATM sudah habis dan kamu heran kemana uang itu pergi? jika iya, sebaiknya mulailah untuk melakukan pencatatan untuk setiap pengeluaran yang kamu lakukan.

Saat ini, sudah ada banyak aplikasi baik di Android maupun di iOS yang memungkinan mencatat pengeluaran dengan sangat mudah. Aplikasi-aplikasi tersebut juga banyak yang gratis.

Gunakan apliaksi untuk mencatata pengeluaran dan penghasilan jika diperlukan. Dari sana, nanti kamu dan pasangan akan bisa melakukan tracing kemana saja uang yang pergi, apakah uang yang pergi tersebut sudah maksimal penggunaannya, atau jangan-jangan itu adalah uang untuk membeli sesuatu yang bersifat tidak begitu penting?

Demikian 5 cara menabung untuk menikah yang bisa kamu coba. Tentu saja, ini hanyalah tips dan keberhasilanyna tergantung dengan apa yang kamu lakukan. Akhir kata, semoga pernikahan kamu dan pasangan terwujud dengan baik ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here