Alasan Mengapa Kamu Harus Investasi di Saham

0
48
Alasan Mengapa Kamu Harus Investasi di Saham

Akhir-akhir ini pembahasan mengenai saham seakan meningkat sangat pesat dan menyedot banyak perhatian dari banyak anak muda di Indonesia. Peningkatan jumlah investor Tanah Air menunjukkan tingkat ketertarikan yang sangat tinggi pada saham khususnya pada periode 1 tahun terakhir.

Pada masa pandemi Covid 19 ini, jumlah investor saham di Indonesia justru menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Investasi saham bahkan dianggap bukan lagi ‘mainan’ hanya untuk orang tua yang sudah memiliki tabungan besar, kini dengan modal yang sangat minim sekalipun, setiap orang yang memenuhi syarat administrasi sudah bisa membeli saham.

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara untuk memulainya, kamu bisa memulai membaca artikel kami yang berjudul ‘Cara membeli saham di bursa efek Indonesia‘.

Jika kamu adalah orang yang masih belum bergabung menjadi investor saham dan mencari tahu cara investasi saham, kamu juga mungkin harus mengetahui alasan mengapa kamu harus investasi di saham. Sudah tau alasannya apa saja? kalau belum yuk coba baca ulasan kami!

Potensi pertumbuhan lebih dari 10% pertahun

Orang yang melakukan investasi saham tentu saja mengharapkan keuntungan. Investasi saham adalah investasi yang sangat menjanjikan dan bisa menghasilkan keuntungan lebih dari 10% setiap tahunnya!

Tentu saja, ini adalah angka yang bervariatif dan tidak absolut dan pasti.

Meski begitu, saham adalah komoditas yang sangat likuid dan cocok untuk menghasilkan keuntungan dari invsetasi. Dengan menggunakan investasi saham dan memilih saham yang tepat, kamu bisa membuat uang yang kamu miliki berlipat ganda untuk setiap tahunnya.

Menabung uang di bank akan kehilangan value setiap tahunnya

Jika kamu adalah generasi 90an, tentu kamu sempat merasakan dengan memiliki uang 500 – 1000 rupiah sudah bisa membeli banyak jajanan. Coba kamu bandingkan uang 2000 rupiah saat ini untuk membeli jajanan, bagaimana hasilnya?

Penurunan value atau nilai mata uang biasa disebut inflasi. Jadi uang 1 juta rupiah yang kamu miliki 10 tahun lalu, meskipun nominalnya sama akan tetapi value-nya akan berbeda dengan uang 1 juta saat ini.

Dengan menggunakan uang di bank yang kamu miliki saat ini untuk investasi di saham, kamu berpotensi menjaga bahkan meningkatkan value dari uang yang kamu miliki. Tetapi meskipun begitu, pastikan bahwa kamu tidak langsung menggunakan semua tabungan yang kamu miliki untuk investasi saham ya!

Investasi saham memiliki rata-rata pertumbuhan lebih tinggi ketimbang investasi lain

Saham merupakan salah satu alternatif untuk investasi. Ada banyak jenis investasi selain investasi saham, tetapi investasi saham merupakan jenis investasi yang memiliki rata-rata pertumbuhan lebih tinggi ketimbang investasi lain seperti emas, properti atau lainnya.

Dengan mencoba investasi di saham, kamu berpeluang untuk mendapatkan keuntungan jauh lebih besar dibandingkan jenis investasi lain.

Investasi saham mudah dilakukan

Seperti penjelasan diawal, pertumbuhan jumlah investor di Indonesi tumbuh dengan sangat pesat. Pertumbuhan yang sangat gila ini adalah karena kemudahan dalam memulai untuk investasi saham.

Cara investasi saham sendiri sudah banyak yang membahasnya. Baik dari artikel, youtube hingga tiktok — ada banyak konten kreator yang membahas mengenai saham. Kamu juga bisa terus mendapatkan informasi terkait saham dan tips finansial lain melalu situs kami gapai-finansial.com ini.

Bisa mendapatkan dividen

Investasi saham berarti memiliki kepemilikan akan perusahaan yang kamu beli sahamnya. Tentu saja setiap perusahaan ini mengharapkan keuntungan, dan dengan memiliki saham ini pulalah kamu juga berkesempatan mendapatkan bagi hasil keuntungan atau biasa disebut dividen.

Selain pertumbuhan dari kenaikan harga saham, keuntungan yang didapat dari investasi saham adalah mendapatkan keuntungan dari kinerja perusahaan itu.

Itu adalah beberapa alasan mengapa kamu harus investasi di saham. Tentu saja sebelum memutuskan untuk investasi apa saja termasuk saham, kamu harus memiliki pengetahuan yang cukup sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan, bukan sebaliknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here