Keuntungan Bekerja di Bidang IT

0
88
Keuntungan Bekerja di Bidang IT

Bekerja di bidang IT barang kali menjadi salah satu profesi yang tidak terlalu terdampak selama pandemi Covid 19 ini.

Tentu, saja dampak yang ditimbulkan pandemi dirasakan semua sektor, tetapi bidang IT menjadi salah satu bidang yang tetap dibutuhkan dan mungkin permintaan akan jasa IT semakin tinggi saat kampanye #dirumahaja yang digaungkan pemerintah.

Pemberlakukan PSBB yang mengharuskan banyak orang bekerja dari rumah bukan hal sulit bagi mereka yang bekerja pada bidang IT. Seorang programmer, digital marketer dan bidang yang berkaitain IT hanya memerlukan komputer atau laptop beserta internet. Dengan 2 komponen utama tersebut, seorang yang bekerja pada bidang IT bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja.

Selain hal itu, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika bekerja di bidang IT. Bidang IT disini adalah mencakup seorang developer, internet marketer, network engineer, software tester dan lainnya, apa saja keuntungannya?

1. Hampir semua sektor membutuhkan ahli IT

Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, mau tidak mau, suka tidak suka, semua perusahaan harus beradaptasi terhadap hal itu. Sebuah perusahaan yang tidak mengikuti perkembangan teknologi akan sangat mudah dikalahkan oleh kompetitor yang mampu memanfaatkan teknologi terkini.

Melihat fakta tersebut, ini adalah peluang bagi setiap orang yang bergelut pada bidang IT. Bisa dikatakan hampir semua industri akan membutuhkan layanan dalam bidang IT, hal ini pun membuat pekerjaan IT adalah salah satu pekerjaan yang hampir pasti dibutuhkan.

2. Potensi gaji yang tinggi!

Menjadi ahli di bidang IT bisa mendatangkan peluang mendapatkan penghasilan yang tinggi! semakin hebat kualitas yang kamu miliki, ini akan mempengaruhi pendapatan yang bisa kamu dapatkan.

Baca juga : Tips keuangan bagi yang baru berpenghasilan

Bukan hanya dari gaji, orang yang berkecimpung dalam dunia IT juga bisa sangat fleksibel untuk mencari pekerjaan atau projek di luar tempat ia bekerja. Mendapatkan gaji dan penghasilan tambahan dari luar adalah sesuatu yang sangat bisa dilakukan jika kamu bekerja dalam dunia IT.

3. Bekerja sambil liburan? why not!

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, seorang yang bekerja di dunia IT hanya membutuhkan 2 kompenen utama, yaitu komputer atau laptop dan koneksi internet. Dengan kemudahan ini, maka salah satu hal yang bisa dilakukan adalah bekerja sambil liburan.

Baca juga : 5 makanan Bandung yang bikin kamu berasa jadi anak Bandung Asli

Kamu bisa mengerjakan pekerjaan dari mana pun dan kapan pun selama memiliki 2 komponen utama tersebut. Jadi ini adalah sebuah pekerjaan yang menyenangkan karena bisa bekerja sambil berlibur.

4. Bekerja secara mandiri

Seorang ahli IT bisa bekerja secara mandiri atau freelance. Ia tidak perlu bekerja secara reguler seperti harus masuk dari jam 8 pagi hingga 5 sore dan bekerja setiap Senin sampai Jumat. Seorang tenaga ahli IT bisa mendapatkan pekerjaan dari projek mandiri dan bisa dikerjakan secara fleksibel.

Baca juga : Aplikasi ini membantu kamu lebih produktif

Anggap saja Budi, ia merupakan seorang ahli SEO dan mendapatkan projek senilai 20juta untuk menaikkan suatu kata kunci dalam waktu 1 bulan. Dengan projek tersebut, Budi bisa mengerjakan projek tersebut secara mandiri serta mengatur waktu sendiri hingga pekerjaan selesai. Menarik bukan?

5. Selalu up to date

Karena dunia IT harus selalu mengikuti perkembangan teknologi, ini membuat orang yang bekerja pada bidang IT akan selalu up-to-date alias selalu mengetahui banyak hal baru setiap harinya.

Dengan mengetahui banyak informasi terbaru, ia akan bisa mencari peluang lain misalnya melihat apa yang banyak dibutuhkan banyak orang saat ini dan bisa menyediakan hal tersebut untuk dijual.

6. Membuat otak terus terlatih

Bekerja di bidang IT berarti harus terus belajar dan belajar. Dengan terus mengikuti perkembangan informasi yang sangat cepat, seorang yang bekerja di bidang IT akan melatih otaknya terus menurs sehingga akan membiasakan otak terlatih setiap harinya.

7. Menjadi problem solver

Seorang yang bekerja di bidang IT dituntut bisa menjadi problem solver atau pemecah dari sebuah permasalahan. Ini pun akan membuat seorang ahli IT akan terbiasa menganalisa suatu permasalahan baik dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan dan mencari jalan keluar untuk permasalahan tersebut.

8. Masih akan terus relevan di masa depan

Tanpa mengecilkan profesi lain, tetapi bekerja di bidang IT pada masa depan tentu masih akan terus relevan. Ini adalah profesi yang justru berkontribusi dalam kemajuan zaman, dan ini membuat kamu tidak perlu khawatir akan menjadi ‘korban’ kemajuan zaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here