Cara Membeli Saham di Bursa Efek Indonesia

0
154
Cara Membeli Saham di Bursa Efek Indonesia

Saat ini, semakin banyak masyarakat Indonesia yang mulai sadar untuk menabung saham. Jika beberapa tahun lalu untuk mulai berinvestasi di pasar modal merupakan hal yang cukup sulit, tetapi kini semuanya menjadi lebih mudah.

Masyarakat pun semakin banyak tertarik untuk mulai berinvestasi di bursa karena kini semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Kemudahan pendaftaran hingga melakukan jual beli di bursa membuat masyarakat sangat antusias mulai tergabung di sekuritas di Indonesia sehingga dapat mulai melakukan transaksi di Bursa Efek Indonesia(BEI) selaku penyelenggara pasar modal yang ada di Indonesia.

Hadirnya internet yang semakin maju membuat berbagai sektor turut memanfaatkannya guna meningkatkan layanan yang ada. Ini juga termasuk transaksi jual beli saham di pasar modal yang kini bisa dilakukan hanya dalam genggaman smartphone saja.

Bagi anda yang mungkin masih bingung bagaimana cara membeli saham di Bursa Efek Indonesia, kami akan memberikan panduan umum sehingga anda memiliki pengetahuan tentang cara memulai investasi saham di BEI.

Tapi sebelum itu, ada baiknya anda perlu mengetahui tentang apa itu saham dan manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mulai berinvestasi atau transaksi di saham pasar modal. Nah, bagaimana proses umum yang harus dilakukan jika ingin membeli saham di BEI?

Cari tahu terlebih dahulu tentang informasi dasar saham, BEI, pasar modal dll
Sebelum mulai terjun, tentunya dibutuhkan pengetahuan dasar mengenai hal-hal yang terlibat dalam pembelian saham di BEI. Anda bisa mulai mencari informasi dasar tentang apa itu saham, BEI, pasar modal, keuntungan hingga resoko dan lainnya.

Jika sudah memahami pengetahuan dasar tadi, tanyakan pada diri sendiri – apakah sudah siap untuk terjun ke pasar modal saat ini? jika sudah, teruskan membaca ini – jika tidak, sebaiknya coba pahami dan cari tahu tentang hal-hal dasar tadi lebih lagi. Google it, and get more information!

Memiliki KTP, NPWP sendiri dan dokumen yang diperlukan

Sudah jelas, bahwa untuk mulai mendaftarkan diri diperlukan dokumen seperti KTP, NPWP pribadi hingga dokumen-dokumen lainnya.

Siapkan berbagai persyaratan dokumen yang diwajibkan oleh pihak sekuritas. Setelah semuanya sudah terpenuhi, barulah anda siap untuk mendaftarkan diri ke sekuritas yang ada di Indonesia.

Cari informasi mengenai sekuritas yang ingin digunakan

Sekuritas merupakan badan usaha yang menghubungkan kita sebagai nasabah dengan BEI sehingga bisa bertransaksi di pasar modal Indonesia. Sekuritas ini ada bermacam-macam dan pastikan sekuritas yang ingin anda gunakan sudah mendapatkan izin serta legalitas resmi dari Otoritas Jasa Keuangan(OJK).

Setiap sekuritas memiliki keunggulan dan kekurangannya. Yang jelas, sekuritas merupakan penghubung kita untuk bisa memulai berinvestasi atau bertransaksi di BEI. Setelah membuat rekening dana nasabah khusus di pasar modal, barulah anda mulai bisa bertransaksi di BEI.

Tunggu proses pembuatan akun sekuritas

Setelah semuanya telah dipenuhi, maka langkah berikutnya adalah menunggu proses pembuatan akun di sekuritas yang telah anda pilih.

Apa selanjutnya?

Setelah anda telah memiliki akun di sekuritas, maka selanjutnya anda harus mempelajari bagaimana cara bertransaksi dengan platform yang disediakan oleh masing-masing sekuritas. Biasanya, pihak sekuritas memberikan training bagi para nasabah baru sehingga bisa menggunakan platform trading sekuritas yang bersangkutan untuk mulai bertransaksi.

Selain teknis, hal lain yang juga harus anda pelajari adalah tentang analisis teknikal dan analisis fundamental serta berbagai ilmu saham lainnya. Salam opit!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here