Cara Mengajari Anak Mengelola Uang

0
115
Cara Mengajari Anak Mengelola Uang

Anak cenderung meniru perilaku dari orang tua, ini termasuk dalam hal mengelola keuangan. Ingatlah bahwa anak-anak meniru dan belajar banyak dari orang tua, jadi anda harus berhati-hati memberikan contoh khususnya dalam hal mengelola uang. Jika tidak memberikan contoh yang baik, ini akan membawa pengaruh buruk pada anak dimasa yang akan datang.

Jika ingin membantu anak belajar, coba berikan anak Anda uang saku dan biarkan mereka membuat pilihan pengeluaran sendiri dengannya. Berikan uang saku yang cukup, tidak kurang tetapi tidak terlalu berlebihan. Memberikan uang saku yang ideal akan membantu anak untuk memutuskan akan digunakan untuk keperluan apa saja uang yang diterimanya.

Cara lain adalah dengan tidak mudah memberikan anak uang. Coba minta bantuan anak mengerjakan sesuatu jika menginginkan uang. Terlalu mudah memberikan uang saku nantinya akan memberikan efek buruk pada anak. Alih-alih langsung memberikan uang sakut, cobalah untuk meminta anak membantu mengerjakan sesuatu untuk mendapatkan uang.

Anda juga bisa mencoba memberikan uang tambahan pada anak dengan melakukan sesuatu. Misalkan anak anda ingin membeli mainan, anda bisa memanfaatkan ini untuk mengajak anak menabung pada ambang tertentu dan anda bersedia menambahkan uang tersebut jika anak berhasil mengumpulkan uang sesuai kesepakatan.

Mengajari menabung sejak dini dan teratur juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Siapkan celengan atau rekening pribadi anak, anda dapat memantau tabungan ini dan melihat progres dari apa yang akan dilakukan oleh anak anda dengan uang yang didapatnya.

Menjadi contoh bagi anak

Bantu anak Anda menemukan kepuasan berbagi. Dorong anak Anda untuk mengidentifikasi cara-cara mereka menghabiskan uang untuk membantu orang lain.

Tunjukkan pada anak Anda bagaimana menjadi konsumen yang bijaksana. Sebelum anak Anda membeli sesuatu, tinjau cara-cara alternatif untuk membelanjakan uangnya untuk menekankan perlunya membuat pilihan. Ajari mereka untuk membandingkan toko untuk harga dan kualitas. Diskusikan bagaimana pengiklan membujuk orang untuk membeli produk mereka, dan mendorong anak-anak Anda untuk paham tentang iklan.

Ajari anak Anda sikap yang sehat terhadap kredit. Ketika anak Anda cukup besar untuk memahami apa itu kredit, pertimbangkan untuk mengizinkan mereka meminjam sedikit uang tambahan dari Anda untuk melakukan pembelian besar. Negosiasikan berapa banyak anak Anda akan membayar setiap minggu dari tunjangan mingguan mereka, dan kemudian berhati-hatilah dalam mengumpulkan uang dan catat sisa saldo setiap minggu sampai hutangnya dilunasi.

Ajari anak Anda nilai investasi yang bijaksana. Ketika anak Anda cukup besar untuk memahami suku bunga dan tingkat pengembalian, mainkan permainan investasi untuk mempelajari tentang strategi investasi alternatif dan risiko keuangan. Situs web bisa sangat membantu.

Libatkan anak Anda dalam perencanaan keuangan keluarga. Biarkan anak Anda melihat Anda merencanakan anggaran, membayar tagihan, berbelanja dengan hati-hati, dan merencanakan pengeluaran dan liburan yang besar. Jelaskan pilihan yang terjangkau, dan izinkan anak untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan keluarga. Tetapkan tujuan keluarga yang dapat diupayakan semua orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here