Cara Menjadi CEO Diusia Muda

0
68
Cara menjadi CEO diusia muda

Ada banyak cerita khususnya beberapa tahun terakhir semakin maraknya tren startup atau perusahaan rintisan. Perusahaan rintisan ini umumnya dijalankan oleh mereka yang usianya relatif muda. Tidak sedikit dari anak muda tersebut mencapai kesuksesan dalam usia muda.

Menjadi CEO diusia muda bukanlah suatu hal yang tidak mungkin. Sudah ada banyak contoh yang berhasil, meskipun pasti ada juga contoh yang gagal. Meski begitu, kita bisa mencoba ‘menyontek’ cara dari mereka yang berhasil dalam memimpin usahanya pada usia yang masih sangat muda.

Jika kamu tertarik dan ingin menjadi CEO, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjadi CEO diusia muda. Berikut kami rangkum cara menjadi CEO diusia muda yang bisa kamu tiru dan pelajari.

Berani mengambil resiko

Apa yang membedakan CEO yang berhasil dengan orang biasa? salah satu perbedaannya adalah dalam mengambil resiko.

Seorang yang sukses merupakan orang yang berani mengambil resiko, berani mengambil keputusan meskipun ia tau bahwa apa yang dipilih belum tentu berbuah manis. Berani mengambil resiko adalah salah satu kunci keberhasilan untuk mencoba sesuatu yang berbeda dari apa yang telah ada sebelumnya.

Seorang CEO sukses harus berani mengambil resiko, dan tentu ia harus lebih dahulu melakukan riset mendalam terhadap segala kemungkinan yang ada.

Tidak menunggu kesempatan yang sempurna

Apa maksudnya tidak menunggu kesempatan yang sempurna?

Begini, jika seseorang memiliki kesempatan, meskipun itu sedikit dan mungkin belum terlihat menguntungkan, ia harus mengambil kesempatan itu secepat mungkin.

Dengan melakukan ‘jemput bola’, seorang CEO sukses tau bahwa bisa memaksimalkan kesempatan sekecil apapun itu. Ia bisa melakukan analisa dan riset untuk melihat peluang yang ada tanpa harus menunggu lebih lama.

Memiliki kemampuan leadership

Seorang CEO akan memimpin bisnis yang dijalankan termasuk orang-orang yang ada didalamnya. Untuk bisa melakukan hal ini, seorang CEO harus memiliki kemampuan leadership yang kuat.

Kemampuan leadership ini sendiri bisa dipelajari, namun memang ada beberapa orang yang memang terlahir memiliki khariswa kuat yang membuatnya memiliki wibawa yang mampu memikat partner kerjanya. Meskipun begitu, kemampuan leadership ini sendiri juga dapat dipelajari dan bukan sesuatu hal yang tidak mungkin untuk dicapai.

Menyukai tantangan dan hal baru

Seorang yang ingin menjadi CEO dalam usia muda, ia harus memiliki bukan hanya pengetahuan tetapi mental yang juga sangat oke. Baik pengetahuan maupun mental, keduanya harus berjalan berbarengan.

Akan selalu ada hal baru dalam perjalanan mengembangkan suatu usaha rintisan atau lainnya. Perlu mental kuat dan perasaan yang tidak cepat berpuas diri untuk dapat meningkatkan usaha yang dijalankan maupun kepribadian menjadi seorang CEO.

Membangun personal branding dan network

Selain poin-poin yang telah disebutkan diatas, ada satu hal penting lagi yang wajib dimiliki seorang CEO sukses. Itu adalah personal branding dan relasi!

Personal branding adalah sesuatu citra yang kita bangun dan yang akan menjadi cara pandang orang lain terhadap kita. Dari situ, kita juga bisa mulai membangun relasi ke banyak pihak, khususnya mereka yang telah lebih dahulu sukses pada bidangnya.

Dengan memiliki relasi dan juga personal branding yang sudah kokoh, maka menjadi CEO sukses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here