Cara Menjadi Investor Cerdas

0
115
Cara Menjadi Investor Cerdas

Apakah Anda baru saja meluncurkan startup Anda sendiri, di tengah karir pekerjaan Anda yang sedang berjalan, mendekati usia pensiun atau di tengah tahun-tahun emas Anda, Anda cenderung memikirkan masa depan finansial Anda. Hal ini mengarah pada pengambilan keputusan investasi, memungkinkan Anda untuk mengelola modal dengan hati-hati sehingga dapat menguntungkan Anda dalam jangka panjang. Ketika berbicara tentang pengambilan keputusan dalam investasi, tidak ada yang memulai seperti seorang ahli dan bahkan investor terpintar pun pernah memulai dari posisi Anda saat ini.

Dari rasio harga terhadap pendapatan, laba atas ekuitas hingga kapitalisasi pasar, ada banyak proses menakutkan yang perlu Anda pelajari saat berinvestasi. Dua dasar dasar investasi adalah mengetahui dari mana harus memulai dan bagaimana memulainya.

Untuk membantu Anda mengambil keputusan investasi, berikut adalah beberapa jenis investasi secara rinci:

Berinvestasi di Saham

Ketika investor berbicara tentang pendanaan saham, mereka umumnya melibatkan investasi di saham biasa yang merupakan cara lain untuk mendefinisikan ekuitas bisnis atau kepemilikan bisnis. Ketika Anda memiliki kepemilikan atau ekuitas dalam bisnis, Anda diwajibkan untuk menerima bagian dari keuntungan atau kerugian yang dihasilkan oleh aktivitas operasi sehari-hari organisasi. Rata-rata, ekuitas dikenal sebagai salah satu aset paling menguntungkan bagi investor yang mencari kekayaan dari waktu ke waktu tanpa menggunakan leverage dalam jumlah besar.

Berinvestasi dalam Bisnis Milik Pribadi

Jika Anda berpikir untuk berinvestasi dalam bisnis berbasis pribadi, pastikan Anda melakukan penelitian yang mendalam tentang calon perusahaan Anda. Berdasarkan analisis Anda terhadap laporan keuangan, ceruk pasar, tingkat keterampilan manajemen serta rekam jejak, Anda akan mempelajari mengapa perusahaan layak untuk investasi Anda. Jika semuanya terlihat bagus di atas kertas, mulailah bertemu dengan orang-orang yang mewakili bisnis dan jalankan pemeriksaan latar belakang termasuk peninjauan kasus pengadilan sipil bersejarah atau yang belum selesai yang terkait dengan mereka. Tetapkan jangka waktu dan nilai investasi Anda setelah Anda menemukan perusahaan cukup cocok untuk berinvestasi. Ketika Anda mengerjakan pekerjaan rumah Anda dengan benar, pasti tidak ada henti-hentinya menghasilkan uang dari investasi bisnis swasta.

Berinvestasi dalam IPO atau Penawaran Umum Perdana

IPO atau Penawaran Umum Perdana adalah proses di mana bisnis swasta sering menjual sebagian dari dirinya kepada investor eksternal. Melalui IPO, siapa pun bisa membeli saham dan menyatakan diri sebagai salah satu pemilik bisnis. Jenis saham yang Anda miliki yang diperdagangkan secara publik dapat bervariasi berdasarkan berbagai faktor. Misalnya, jika Anda adalah tipe individu yang tertarik pada perusahaan yang memberikan arus kas yang stabil dan baik bagi pemiliknya, Anda cenderung berinvestasi di saham blue-chip. Anda mungkin juga memiliki ketertarikan pada investasi pertumbuhan dividen, investasi dividen dan investasi nilai.

Selain itu, jika Anda adalah seseorang yang lebih menyukai metodologi alokasi portofolio yang kokoh, Anda dapat berinvestasi di saham perusahaan yang saat ini profitnya rendah, karena kenaikan profitabilitas satu menit pun dapat menyebabkan kenaikan drastis harga pasar saham tersebut.

Berinvestasi dalam Obligasi (Sekuritas Pendapatan Tetap)

Ketika Anda berinvestasi dalam sekuritas atau obligasi pendapatan tetap, Anda semacam meminjamkan uang kepada penerbit obligasi dengan imbalan bunga atas pendapatan. Ada banyak cara untuk berinvestasi di obligasi, mulai dari berinvestasi di obligasi korporasi, obligasi tabungan, dan obligasi kota bebas pajak hingga membeli sertifikat pasar uang dan deposito.

Mirip dengan saham, banyak obligasi yang dibeli melalui akun pialang. Memilih broker Anda akan mengharuskan Anda untuk membuat pilihan di antara layanan penuh atau model diskon. Atau, Anda dapat memilih untuk berkolaborasi dengan perusahaan manajemen aset atau penasihat investasi terdaftar yang beroperasi pada tingkat fidusia.

Berinvestasi di Real Estat

Tidak diragukan lagi bahwa investasi real estat adalah salah satu cara paling primitif dalam berinvestasi. Ada banyak sekali cara untuk menghasilkan uang melalui investasi real estat, namun, biasanya hal itu bermuara pada memiliki properti dan memungkinkan pengguna untuk menggunakannya sebagai imbalan pembayaran sewa atau sewa atau membangun sesuatu dan menjualnya untuk menghasilkan keuntungan besar. Bagi sebagian besar investor, investasi real estat telah memimpin jalan menuju akumulasi kekayaan karena dapat dengan mudah digunakan untuk leverage. Ketika diterapkan pada persyaratan yang tepat, investasi yang tepat dan harga yang tepat, investasi real estat dapat memungkinkan Anda untuk mengontrol basis aset yang jauh lebih besar.

Terakhir, ketika harus memilih jenis investasi, Anda harus jelas tentang kebutuhan dan tujuan Anda. Perlu diingat bahwa peluang pertumbuhan dan perubahan haluan adalah kriteria utama investasi yang berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here