Erick Thohir Siap ‘Melawan’ Netflix

0
56
Erick Thohir Siap ‘Melawan’ Netflix

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dibawah kepemimpinan Erick Thohir memang banyak disorot lantaran terobosan-terobosan yang coba dilakukan. Terbaru, Erick Thohir mengatakan akan menggandeng beberapa perusahaan BUMN untuk berkontribusi dalam Perum Produksi Film Negara (PFN). PFN akan dibawa dalam bisnis model pembiayaan film dan akan bersinergi dengan Telkom Indonesia.

Rencana lebih jauhnya, RFN akan mengajak banyak rumah produksi sehingga bisa membangun jaringan lebih luas lagi. Dengan jaringan yang luas itu, nantinya Indonesia diharapkan bisa bersaing dengan Netflix.

Selain mengembangkan bisnis model, menteri Erick juga ingin mendukung industri film Tanah Air. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membeli film produksi lokal. Ini juga menjadi setali tiga uang, karena industri film Tanah Air yang memang dalam tahap berkembang pada beberapa tahun terakhir, sebelum covid 19 yang pada akhirnya membuat banyak industri harus mengatur strategi ulang.

Pengembangan model bisnis

Erick Thohir memang melakukan banyak perubahan signifikan pada model bisnis BUMN. Jika BUMN sebelumnya terkesan kaku, kini dalam kepemimpinan Erick, perusahaan-perusahaan BUMN dibawa untuk lebih modern dan mengikuti perkembangan zaman.

Mengganti logo BUMN misalnya, ini adalah langkah simbolik yang ditunjukkan untuk perubahan BUMN yang lebih modern dibawah arahan salah satu orang terkaya di Indonesia tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Erick juga mengatakan akan mengubah model bisnis Telkomsel yang sejauh ini lebih berfokus pada bisnis telekomunikasi. Nantinya, menteri BUMN ini tidak ingin Telkomsel hanya menjadi bisnis ‘telko yang sunset’, melainkan juga akan merambah model bisnis yang lain.

Baca juga :

Bos BEI Berharap Gojek-Tokopedia Listing di Indonesia

Tesla Gak Jadi Bangun Pabrik di Indonesia?

Dengan latar belakang sebagai seorang pengusaha, tampaknya Erick Thohir ingin mencoba membawa BUMN ke arah yang lebih profesional seperti halnya perusahaan swasta yang dulu ia tangani. Model-model bisnis yang dahulu belum pernah diterapkan oleh BUMN kini sudah dibawa ke arah yang lebih kekinian.

PFN mungkin hanya menjadi awal, nantinya kemungkinan besar akan banyak pengembangan-pengembangan bisnis model dari perusahaan BUMN lain jika melihat dari gelagat kepemimpinan Erick Thohir. Apa pun itu, tentu saja semoga membawa banyak manfaat bukan hanya untuk negara, tetapi untuk masyarakat Indonesia itu sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here