Fenomena Cryptocurrency Menjadi Perhatian Penasihat Keuangan

0
176
Fenomena Cryptocurrency Menjadi Perhatian Penasihat Keuangan

Meskipun beberapa penasihat menyatakan skeptis terhadap aset digital, hasil survei terbaru menunjukkan persentase penasihat yang melaporkan mengalokasikan cryptocurrency di akun klien naik hampir 50% tahun lalu.

Meskipun peningkatan itu signifikan, survei tersebut menemukan bahwa kurang dari 10% penasihat melaporkan alokasi – yang berarti aset digital masih menurun dibandingkan dengan opsi investasi lainnya, menurut survei yang dilakukan oleh Bitwise Asset Management dan ETF Trends yang dirilis.

Hampir 1.000 penasihat menjawab serangkaian pertanyaan tentang cryptocurrency dan penggunaannya dalam portofolio klien untuk survei, yang dilakukan pada bulan Desember 2020. Responden termasuk penasihat investasi terdaftar independen, perwakilan pialang-dealer, perencana keuangan dan perwakilan wirehouse dari seluruh AS.

Khususnya, minat klien pada kripto meningkat pada tahun lalu, dengan 81% penasihat yang disurvei melaporkan bahwa mereka telah menerima pertanyaan dari klien dalam 12 bulan terakhir; dibandingkan dengan 76% pada laporan tahun 2019.

Namun, sebagian besar penasihat (83%) melaporkan menerima pertanyaan dari sejumlah kecil klien – kurang dari 10%. Sementara itu, hampir tiga perempat (74%) penasihat yang disurvei mengira klien mereka sedang atau bisa berinvestasi di luar hubungan penasihat mereka.

Dari penasihat yang mengalokasikan ke crypto, mayoritas (58%) adalah RIA independen. Temuan tersebut tidak mengherankan, menurut penelitian tersebut, mengingat bahwa RIA menghadapi lebih sedikit batasan dalam hal jenis investasi apa yang akan dimasukkan ke dalam akun klien jika dibandingkan dengan kategori penasihat lainnya, dan sering kali berusaha untuk membedakan diri dengan perhatian khusus pada kebutuhan klien. .

Sebaliknya, kurang dari 1% perwakilan wirehouse melaporkan memiliki alokasi ke crypto di akun klien.

Memecahkan rekor

Aset digital populer, Bitcoin, reli pemecah rekor baru-baru ini telah melambat, dengan harga ditetapkan akan selesai minggu ini tepat di bawah $ 40.000, menurut Bloomberg. Namun, lonjakan cryptocurrency baru-baru ini dapat menarik lebih banyak penasihat dan investor pada tahun 2021.

Faktanya, di antara penasihat yang saat ini tidak mengalokasikan ke crypto, 17% mempertimbangkan untuk mengalokasikan pada tahun 2021 untuk pertama kalinya.

Dalam hal harga, penasihat optimis, dengan 15% mengharapkan harga Bitcoin melebihi $ 100.000 dalam lima tahun, naik dari hanya 4% pada tahun 2019. Sementara itu, persentase yang mengharapkan harga Bitcoin turun ke nol menurun tajam, dari 8% pada survei tahun lalu menjadi 4% tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here