Keuntungan Menjadi Pengusaha Dibandingkan Pekerja

0
94
Keuntungan Menjadi Pengusaha Dibandingkan Pekerja

Di Indonesia, persentase jumlah pengusaha dibandingkan pekerja terpaut cukup jauh. Masih sedikit orang Indonesia yang ingin ‘mengadu’ nasib dengan mencoba menjadi pengusaha. Hal ini sebenarnya terbilang cukup wajar, karena jika dibandingkan bekerja pada orang lain, membuka usaha sendiri merupakan sesuatu yang beresiko sangat besar.

Jika memang orang menganggap bekerja lebih aman dan nyaman, ini bukanlah suatu pilihan yang salah. Tetapi, apa jadinya jika jumlah pengusaha di Indonesia setiap tahunnya bukannya naik tetapi justru turun? tentu saja, nantinya lapangan pekerjaan pun akan habis karena semuanya hanya ingin bekerja pada orang lain.

Dilihat dari perkembangan teknologi akhir-akhir ini, memang membuat semakin banyak orang yang berani mencoba untuk menjadi pengusaha. Dengan hanya di-isi oleh minimal 2 orang saja, mereka sudah bisa membentuk usaha sendiri dalam skala mikro. Layanan seperti kantor virtual juga sudah banyak dan bisa dimanfaatkan untuk mendaftarkan sebagai perusahaan yang legal dengan menggunakan alamat tersebut.

Menjadi pengusaha dan memulai usaha memang bukanlah perkara mudah, tetapi jika kamu menjadi pengusaha , ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan yang belum tentu bisa kamu dapatkan jika memutuskan menjadi pegawai biasa.

1. Kamu menjadi bos!

Keuntungan menjadi pengusaha adalah kamu menjadi bosnya. Walaupun usaha kamu masih kecil atau bahkan baru merintis, tetapi kamu memegang kendali penuh atas usaha kamu tersebut. Kamu adalah bos untuk perusahaan kamu sendiri.

Sekecil-kecilnya usaha yang kamu miliki, tetap saja kamu adalah seorang bos, sedangkan sebesar-besarnya jabatan kamu disebuah perusahaan, tetapi kamu tetaplah seorang pekerja untuk orang lain.

2. Kerja kapan dan dimana pun kamu mau

Karena kamu yang memegang kendali dan ini adalah keuntungan menjadi pengusaha, maka salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah kerja kapan dan dimana pun sesuai yang kamu mau.

Tentu saja ini bukan maksudnya kamu bisa tidak disiplin dalam mengerjakan sesuatu, tetapi kamu bisa lebih fleksibel dalam menentukan jam kerja maupun tempat kerja. Ini adalah sesuatu yang belum tentu bisa didapatkan oleh mereka yang memutuskan bekerja pada orang lain.

3. Mendapatkan uang dari apa yang kamu sukai

Jika kamu memutuskan untuk memulai usaha, tentu saja usaha ini kemungkinan besar bidang yang kamu sukai. Jika kamu bekerja sesuai dengan bidang yang sangat kamu sukai, maka ini tidak akan membuat kamu merasa terbebani.

Alih-alih mengeluh seperti layaknya pekerja kebanyakan karena belum tentu pekerjaan yang digeluti sesuai bidang yang diminati, pengusaha memiliki kebebasan untuk melakukan explore lebih jauh terhadap usahanya sendiri. Mendapatkan uang dari apa yang disukai adalah sesuatu hal yang sangat istimewa bukan?

4. Kamu akan memberikan pengaruh terhadap hidup orang lain

Memilh membuka usaha berarti kamu juga berpotensi memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain. Orang yang bekerja ini memiliki hidup dan keluarga yang bisa saja dihidupi olehnya. Dengan kamu membuka usaha, ini juga membuat kamu memberikan pengaruh terhadap hidup orang lain.

Kamu bisa membantu orang lain dengan menyediakan lapangan pekerjaan. Jika usaha yang kamu geluti semakin maju, maka semakin banyak pula orang yang bisa kamu bantu dan terpengaruh hidupnya dengan usaha tersebut.

5. Kamu bisa terus bertumbuh

Karena usaha yang kamu miliki harus terus berjalan, kamu pun akan memaksa diri kamu untuk terus berpikir bagaimana meningkatkan dan membuat maju usaha tersebut. Belajar dan terus belajar akan menjadi makan sehari-hari kamu.

Dengan berjalannya waktu, dengan pengalaman yang akan kamu dapatkan juga, ini akan membuat kamu terus bertumbuh menjadi orang yang lebih hebat lagi. Menjadi pribadi yang lebih baik dari berbagai hal, mulai dari kepemimpinan, personal, bagaimana memperlakukan orang lain dan masih banyak lagi.

6. Potensi memiliki penghasilan lebih besar ketimbang pegawai biasa

Tentu saja keuntungan menjadi pengusaha adalah bisa menghasilkan penghasilan yang lebih besar dibandingkan pegawai biasa. Ini dengan catatan adalah kamu sudah menjalankan usaha dengan sukses.

Tidak sedikit juga pengusaha yang mengalami kegagalan dan justru mengalami kerugian besar.

Jadi, itu hanya beberapa keuntungan menjadi pengusaha yang bisa menjadi pertimbangan bagi kamu yang mulai berpikir untuk memulai usaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here