Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga

0
95
Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Menjalani rumah tangga adalah perjalanan panjang dan penuh tantangan. Bukan hanya tentang menjalin hubungan personal, ini juga melibatkan semua aspek termasuk dengan salah satu aspek terpenting dalam hidup yaitu keuangan.

Cara mengelola keuangan rumah tangga menjadi kunci keberhasilan sebuah rumah tangga untuk berhasil menjalani kehidupan. Suka tidak suka, kita harus memahami bahwa segala sesuatu perlu dipersiapkan secara matang termasuk soal keuangan yang memang sangat krusial. Permasalahan tentang finansial tak sedikit yang membuat rumah tangga juga hancur berantakan.

Jika kamu saat ini sedang atau akan menjalani kehidupan rumah tangga, kami akan membahas cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros. Semoga dengan mencoba beberapa cara yang kami sajikan, kamu dan keluarga kecil saat ini atau masa depan bisa memahami bagaimana cara mengelola keuangan rumah tangga.

Jual apa pun yang tidak kamu butuhkan

Coba perhatikan lagi barang-barang atau benda yang ada di rumah kamu, apakah benda tersebut benar-benar diperlukan? jika tidak, coba pertimbangkan untuk menjual hal yang tidak kamu butuhkan tersebut.

Dengan menjual barang-barang yang tidak kamu perlukan, kamu bisa mendapatkan uang tambahan dan menghilangkan ‘sampah’ yang ada dalam rumah. Ini juga bisa membuat rumah kamu terasa lebih luas tentunya.

Tidak perlu selalu membeli barang baru

Ada banyak barang yang sebenarnya tidak perlu kamu beli baru. Alih-alih membeli sepeda motor atau mobil baru dengan kredit, mengapa tidak mempertimbangkan membeli kendaraan tersebut yang sudah bekas?

Beberapa barang memiliki nilai interistik yang terus turun setiap tahunnya, salah satunya tentu seperti kendaraan tadi. Daripada menghabiskan banyak uang untuk membeli kendaraan baru, kenapa tidak mempertimbangkan membeli barang tersebut yang sudah bekas?

Pertimbangkan untuk membeli barang bekas lain juga sehingga bisa membuat lebih hemat. Tapi sebelum itu, kamu juga perlu berhati-hati dalam membeli barang bekas, ya!

Tidak perlu memiliki terlalu banyak asuransi

Bagi kamu yang memiliki asuransi, coba cek kembali apakah asuransi yang kamu gunakan tersebut benar-benar perlu. Jika kamu saat ini belum menggunakan asuransi, coba baca artikel kami yang berjudul ‘Alasan kamu harus memiliki asuransi kesehatan‘ untuk memahami apakah kamu perlu asuransi atau tidak.

Asuransi atau apa pun yang terlalu banyak tentu memiliki dampak yang kurang baik. Ini juga berkaitan dengan pembayaran premi bulanan. Jadi, cek kembali asuransi apa saja yang kamu gunakan, dan apakah itu sudah benar-benar efektif atau tidak.

Beli sesuatu saat momen yang tepat

Jika ingin berhasil dalam mengelola keuangan rumah tangga, kamu juga harus cermat dalam memahami untuk membeli sesuatu. Tidak ada salahnya untuk membeli sesuatu hal yang tidak terlalu mendesak dengan menunggu waktu dan momen yang tepat.

Anggaplah saat ini PlayStation 5 sudah keluar dan dibandrol dengan dengan harga 7 juta, tetapi apakah kamu harus dengan segera membeli itu secepat mungkin? jawaban tentu saja tidak harus!

Idealnya, harga konsol game akan menurun setiap tahunnya, jadi sebaiknya sabar saja dulu atau bisa membeli game konsol yang lebih murah terlebih dahulu.

Say no to credit card

Kartu kredit memang memberikan banyak kemudahan, tetapi apakah kamu sadar dibalik setiap kemudahan belum tentu tidak memiliki dampak negatif?

Jika kamu merupakan pengguna kartu kredit aktif untuk membeli segala sesuatu, cobalah pertimbangkan untuk menggunakan kartu debit saja atau dengan cash justru lebih baik.

Coba bandingkan ketika kamu membayar barang dengan harga 1 juta dengan kartu kredit atau menggunakan uang cash, tentu kamu akan lebih tidak rela uang cash itu berpindah tangan begitu saja ketimbang kartu kredit. Ini adalah trik psikologis untuk menghindari kamu mudah mengeluarkan uang. Jadi, say no to credit card!

Jangan lupa selalu menyisihkan uang untuk ditabung!

Pepatah lama mengatakan sedikit demi sedikti, lama-lama menjadi bukit. Ini adalah pepatah sederhana yang memiliki makna luar biasa.

Kamu harus mulai untuk selalu menyisihkan sedikit demi sedikit demi mengumpulkan bukit-bukit uang yang jauh lebih besar. Dengan mulai menabung dari sekarang, kamu berarti sudah meletakkan satu bata untuk membangun pondasi pada masa depan kamu.

Investasi? kenapa tidak!

Terakhir yang juga patut kamu pertimbangkan adalah mencoba investasi. Apa pun jenis investasi yang kamu pilih, pastikan kamu mengerti bahwa investasi yang kamu pilih adalah sesuatu yang bisa mendatangkan keuntungan dan jangan lupa untuk memahami risiko dari investasi tersebut.

Kamu bisa mencoba investasi saham, reksadana, emas atau lainnya. Jangan lupa untuk pelajari semuanya sebelum memulai ya!.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here