Tips Hemat Ditengah Harga-harga Pangan Naik

0
60
Tips Hemat Ditengah Harga-harga Pangan Naik

Tekanan resesi yang dialami banyak negara khususnya Amerika Serikat sana membuat imbas besar bagi negara lain. Indonesia, tentu saja terkena imbas karena hal ini, tetapi kabar baiknya, angka inflasi Indonesia masih lebih baik ketimbang banyak negara lain.

Dengan tekanan ekonomi diberbagai negara termasuk di Indonesia, kita mau tidak mau harus mencari alternatif untuk menyesuaikan keuangan. Mereka yang sudah berumah tangga, tentu bisa langsung merasakan dengan kenaikan harga-harga pangan.

Lalu, bagaimana cara untuk menghadapi kenaikan harga-harga pangan yang naik tadi? berikut kami sajikan tips hemat ditengah harga-harga pangan yang naik :

Buat daftar belanja mingguan/bulanan

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk hemat dalam membeli kebutuhan khususnya rumah tangga adalah membuat daftar belanja mingguan/bulanan. Bagaimana ini bisa membuat menjadi lebih hemat?

Dengan membuat daftar belanjaan baik mingguan atau bulanan, kamu bisa melakukan monitoring terhadap berapa kebutuhan uang yang diperlukan. Dari sini, kamu bisa melihat apakah ada hal-hal yang bisa dikurangi, misal, kamu selalu membeli cemilan yang cukup mahal secara rutin, sebaiknya coba kurangi hal ini dan cukup beli makanan utama terlebih dahulu.

Jika kamu memang ingin tetap membeli cemilan, coba membeli yang tidak terlalu memberatkan dengan mengurangi kuantitas belanjaan untuk cemilan.

Gunakan listrik atau air seperlunya

Salah satu pengeluaran terbesar rumah tangga bisa saja di listrik atau air. Mungkin dalam hal ini, listrik adalah hal yang sudah pasti dibayar secara rutin setiap bulan.

Coba cek kembali kebutuhan listrik yang kamu gunakan, apakah kamu sudah menggunakan listrik dengan bijak?

Jika kamu menyalakan AC dengan durasi lebih dari 12 jam setiap harinya, coba kurangi penggunaan AC dibawah 12 jam. Jika kamu sering menyalakan lampu disemua ruangan, coba matikan lampu-lampu yang memang tidak diperlukan.

Lakukan hal-hal kecil lain dalam rumah, ini pasti dapat membantu menghemat untuk pengeluaran listrik.

Tahan nafsu untuk belanja online

Kemudahan belanja secara online memang membuat banyak orang tidak sadar menjadi lebih boros. Ada banyak promo baik itu untuk belanjaan yang bersifat barang maupun makanan.

Meskipun ada banyak promo atau diskon, sejatinya, belanja online justru membuat banyak orang menjadi lebih boros.

Kamu mungkin sering melihat banyak promo menarik setiap tanggal cantik atau tanggal gajian, tetapi kamu harus mulai untuk menahan nafsu belanja online. Ingatlah bahwa tidak semua keinginan harus kamu beli, tetapi kebutuhanlah yang harus kamu beli!

Cari pemasukan tambahan

Jika berhemat tidak juga mempan, maka cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari pemasukan tambahan.

Saat ini, peluang bisnis online terbuka lebar. Kamu bisa memulai untuk belajar bisnis online untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Dengan memiliki pemasukan tambahan, kamu bisa mengatasi harga-harga pangan yang naik tadi.

Demikian tips hemat ditengah harga-harga pangan yang naik yang bisa kamu coba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here